Jumat, 10 Juni 2016

Jalan-jalan Seharian di Semarang


Semarang, kota yang terkenal dengan banyak bangunan tuanya yang bersejarah. Semarang yang juga merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah terletak di pesisir utara Pulau Jawa, maka tak heran cuaca disini begitu panas. Kali ini cucipikiran.blogspot.com mau mengajak kalian untuk jalan-jalan seharian di Kota yang juga disebut sebagai Kota Atlas ini. Perjalanan ke Semarang ini dimulai dari Kota Jogja sebagai homebase penulis. Jarak antara Jogja dan Semarang memang nanggung, tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh juga. Memang dengan hanya punya waktu sehari ke Semarang, otomatis hanya beberapa objek wisata saja yang dapat dikunjungi. Disini saya merekomendasikan objek-objek wisata yang memang wajib dikunjungi saat pergi ke Semarang.

06.00 - 09.00 : Berangkat menuju Semarang dari Jogja
Perjalanan dari Jogja menuju Semarang menempuh waktu kurang lebih 3 jam. Waktu ini dapat dipercepat apabila jalanan tidak terlalu ramai, maklum jalur Jogja Semarang adalah jalur ramai yang juga seringkali dilewati Bus dan Truk. Perjalanan menjadi lebih cepat karena setelah melewati Ambarawa anda dapat langsung masuk tol menuju pusat kota Semarang. Untuk makan sarapan ada dua pilihan, anda dapat membawa bekal makanan dari Jogja atau bisa juga Sarapan di Jalan, di daerah Muntilan atau Magelang cukup banyak ditemukan tempat makan yang buka sejak pagi. Tujuan pertama setelah sampai Kota Semarang adalah Kuil Sam Poo Kong.


09.00 - 10.00 : Kuil Sam Poo Kong
Tujuan pertama di Semarang adalah Kuil Sam Poo Kong. Kuil ini mempunyai bentuk yang menarik dan cantik. Perpaduan warna khas Tionghoa yaitu merah dan kuning emas dengan arsitektur bangunan yang menarik membuat siapapun tergoda untuk berfoto-foto narsis di lokasi ini. Kuil ini adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Cheng Ho. Bangunan ini memang dibangun khusus untuk sembahyang, dan karena seluruh area lebih dimaksudkan untuk sembahyang, tidak semua orang boleh memasukinya. Bangunan kuil, baik yang besar maupun yang kecil dipagari dan pintu masuknya dijaga oleh petugas keamanan. Hanya yang bermaksud sembahyang saja yang diijinkan masuk sedangkan wisatawan yang ingin melihat lihat bisa melakukan dari balik pagar.


10.30 - 12.00 : Lawang Sewu
Selanjutnya adalah lawang sewu. Jaraknya tidak terlalu jauh dari Sam Poo Kong. Lawang sewu bisa dibilang sebagai icon kota semarang. Bangunan ini sangatlah legendaris. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliku pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu. Setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang PT. KAI. Saat ini lawang sewu dijadikan sebagai lokasi wisata favorit di Kota Semarang.


12.30 - 13.30 : Makan Tahu Gimbal Pak Edy di Taman KB
Kurang afdol kalau traveling tanpa mencicipi jajanan khas kota tersebut. Untuk makan siang saya rekomendasikan makan tahu gimbal khas semarang. Tahu gimbal merupakan perpaduan dari tahu goreng, bakwan berisi udang, irisan kol mentah, tauge dan telur ceplok, yang disiram dengan sambel kacang yang sudah dicampur dengan petis udang dan kecap. Salah satu yang khas ada di Taman KB yakni Tahu Gimbal Pak Edy. Rasanya enak dan mantap.





14.00 - 15.00 : Masjid Agung Jawa TengahSambil istirahat dan sholat kamu juga bisa menikmati salah satu masjid terindah di Indonesia yakni Masjid Agung Jawa Tengah. Diresmikan pada tahun 2006 menjadikan masjid ini sebagai masjid terbesar di Jawa Tengah yang mampu menampung jamaah sebanyak 16.000. Bangunan masjid ini cukup multifungsi karena selain dipakai untuk beribadah, kawasan masjid ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti gedung pertemuan, perpustakaan, museum, dll. Ciri khas dari masjid  ini adalah adanya payung raksasa yang bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan kebutuhan.


16.00 - 17.30 : Cimory Ungaran
Sebelum pulang ke Jogja tak ada salahnya kamu mampir di tempat asyik ini. Cimory, ya merk yang terkenal karena produk susu dan yogurtnya. Cimory restaurant & milk factory ini terletak di pinggir jalan raya Semarang yang menghubungkan arah Solo dan Jogja, jadi letaknya sangat strategis. Tempatnya asyik banget, nuansa hijau dan alam terbuka membuat kamu akan betah disini. Kamu juga bisa beli oleh-oleh disini bagi teman atau saudara di Jogja.

1 komentar: