Selasa, 15 Juli 2014

Mengintip ke Salah Satu Musium terbaik se-Indonesia



Anda mungkin masih mengira-ngira manakah yang menjadi musium yang bisa dikatakan terbaik seluruh Indonesia. Terbaik disini bisa dalam bentuk keunikan bangunan, tema musium maupun koleksi barang-barang. Indonesia mempunyai banyak sekali musium, karena memang Indonesia dikenal dengan keanekaragaman budaya dan sejarah masa lalunya yang begitu kuat, namun dari banyak musium itu sedikit yang bisa dikategorikan sebagai terbaik. Musium Bank Indonesia yang ada di Jakarta bisa dimasukkan ke dalam kategori itu.Terletak strategis di kawasan kota tua jakarta dan berseberangan dengan stasiun kereta api Jakarta Kota, bangunan ini cukup berdiri mencolok. Bangunan dengan corak warna putih dan berarsitektur neoklasik yang indah membuat orang akan penasaran untuk mengetahui isi dari bangunan tersebut.

Diorama

Sejarah logo Bank Indonesia
Musium Bank Indonesia pernah mendapatkan penghargaan sebagai musium terbaik se-Indonesia. Untuk masuk ke musium ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Pengunjung hanya diminta untuk menuliskan buku tamu saja untuk kemudian diberikan tiket masuk. Begitu masuk ke ruangan bagian pertama musium anda akan disuguhi diorama sejarah pendirian Bank Indonesia yang disajikan dengan tata lampu yang menarik dan proyektor yang canggih. Sesekali anda akan diiringi alunan musik klasik di setiap ruangan musium. Tata letak musium ini sangat cantik, modern dan berkelas. Di samping itu diorama mengenai sejarah perkembangan Bank Indonesia juga ditampilkan dengan menarik dan teratur, sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan untuk memahami sejarah perkembangan Bank Indonesia. Melihat tata letak musium yang cantik saya merasa tidak seperti di Indonesia pada saat itu.

Interior modern dan klasik
Penghubung antar ruangan yang satu dengan yang lain memang terkesan redup dan diiringi musik, sehingga membuat orang akan penasaran mengenai apa yag akan dilihat selanjutnya. Di ruangan selanjutnya saya melihat ada tempat penyimpanan emas. Di dalamnya terdapat kumpulan replika emas batangan. Di ruangan itu pula memajang uang kuno dari seluruh penjuru nusantara dan contoh uang dari seluruh penjuru dunia. Bisa dikatakan bahwa koleksi uang ini diklaim sebagai koleksi uang terlengkap di Indonesia. Ruangan ini sekaligus menjadi bagian terakhir dari musium ini. Secara umum, musium ini sangat patut dikunjungi ketika anda sedang berada di Jakarta, selain mendapatkan wawasan baru, anda juga akan mendapatkan sensasi sendiri mengenai keindahan dari Musium ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar