Kamis, 24 September 2015

Yuk mencicipi Mie Koba, Mie Bangka yang asli


Bila kita mendengar pertama kali makanan bernama mie bangka mungkin yang terlintas dipikiran kita adalah semacam mie ayam dengan kuah bening ditambah bakso dan pangsit. Karena memang yang diketahui masyarakat dengan tampilan seperti itulah mie bangka yang banyak dijual di kota-kota besar di Indonesia. Namun ternyata Mie bangka yang asli bentuk tampilannya berbeda dengan mie bangka yang selama ini kita kenal. Mie bangka yang dikenal di Bangka bernama mie koba. Dinamakan mie koba karena pertama kali mie bangka ini dibuat di daerah Koba, sebuah kota kecil di Kabupaten bangka tengah.

Seger
Rasa mie bangka ini sangatlah enak. Satu porsi mie Koba berisi mie, telur, taoge, seledri, dan bawang goreng. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu ikan tenggiri. Kuah kaldu ikan yang cukup kuat membuat ketagihan bagi siapapun yang mencobanya. Mie koba banyak dijual di Kota Pangkalpinang namun satu yang paling enak dan terkenal adalah yang terletak di Jalan Balai Pangkalpinang. Buat siapapun yang pergi ke Bangka, wajib mencicipi kuliner nikmat yang satu ini.

1 komentar:

  1. Kuah kaldu tenggiri ya... dalam bayanganku amis, tapi kalau dari penuturanmu kayaknya nggak amis ya Bro. Rasanya cenderung manis? Warnanya coklat.

    BalasHapus