Rabu, 14 Agustus 2013

Mencari Keheningan di Candi Sukuh & Candi Cetho



Belum banyak orang tahu bahwa di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah terdapat 2 candi eksotis yang bisa dijadikan referensi berwisata anda. Candi tersebut bernama Candi Sukuh dan Candi Cetho. Kedua candi ini selain merupakan candi eksotis juga bisa dikatakan sebagai candi erotis. Karena di kedua candi ini digambarkan dengan jelas simbol-simbol kelamin pria dan wanita. Candi Sukuh adalah sebuah kompleks candi agama Hindu yang secara administrasi terletak di Kelurahan Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Lokasi candi ini dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam dari Kota Solo ke arah Karanganyar. Tiket masuk Candi Sukuh cukup murah yakni sebesar 3000 rupiah. Lokasi candi ini terletak di lereng kaki Gunung Lawu sehingga suasananya cukup sejuk. 
 
Gerbang masuk candi sukuh
Bangunan induk candi sukuh
Menurut beberapa pengamat sejarah, bentuk Candi Sukuh ini cenderung mirip dengan candi suku maya yang berada di Meksiko entah cuma kebetulan belaka atau memang ada kesamaan latar belakang sejarah. Lokasicandi bisa dikatakan sangat terawat, di area candi ditumbuhi rumput hijau dan taman yang cantik. Bangunan utama candi terletak di bagian belakang. Candi induk ini masih sering dipergunakan untuk bersembahyang karena di puncak candi terlihat bekas-bekas kemenyan dan hio yang dibakar. Di sekitar bangunan candi terdapat beberapa patung dan relief simbol kelamin pria ataupun wanita. Simbol ini ditafsirkan sebagai lambang penciptaan atau dalam hal ini kelahiran kembali. 
 
Tertata rapi
Tidak jauh dari Candi Sukuh terdapat satu lagi candi yang tak kalah indah bernama Candi Cetho. Candi Cetho bisa dikatakan pemandangannya jauh lebih indah dan spektakuler daripada Candi Sukuh. Candi Cetho terletak di ketinggian 1400 di atas permukaan laut dan terletak sekitar 7 km dari Candi Sukuh. Untuk menuju Candi Cetho bisa dilalui menggunakan motor ataupun mobil. Kita harus menyusuri jalan sempit, berliku dan menanjak curam. Sepanjang perjalanan menuju Candi Cetho kita akan disuguhi pemandangan kebun teh Ngargoyoso dan deretan pegunungan yang mempesona. Perjalanan yang menegangkan terbayar lunas ketika kita sampai di pintu gerbang Candi Cetho. 

Candi cetho
Calender Event
Begitu sampai di lokasi Candi Cetho kita akan disambut gapura yang berdiri menjulang tinggi dan akan mengingatkan kita kepada gapura-gapura sejenis di Pulau Bali. Tiket masuk candi Cetho sama seperti di candi sukuh yaitu 3000 rupiah. Kawasan Candi Cetho ini terletak di lahan yang berundak, sehingga dari pintu gerbang kita bisa menyaksikan sebagian besar kawasan Candi Cetho. Candi Cetho ini merupakan candi berlatar Agama Hindu. Pola halamannya berteras dengan susunan teras meninggi ke atas. Sama seperti Candi Sukuh, di lokasi Candi Cetho ini juga terdapat simbol-simbol kelamin pria dan wanita. 

Relief-relief di Candi
Kontur berundak-undak
Lokasi Candi Cetho ini masih sering digunakan sebagai tempat-tempat perayaan Agama Hindu, hal ini bisa dilihat di depan gerbangyang  terdapat kalender event keagamaan di Candi Cetho. Pemandangan dari puncak candi sangat fantastis, kita bisa menyaksikan pemandangan alam berupa deretan pegunungan dan hamparan kebun teh yang cantik. Tidak salah memang bahwa kedua candi ini bisa dijadikan referensi wisata anda ketika mengunjungi Kabupaten Karanganyar atau Kota Solo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar