Selasa, 09 Desember 2014

Telaga Sarangan masih punya pesona


Telaga Sarangan bisa dikatakan objek wisata yang cukup legendaris di kalangan orang jawa timur dan sebagian orang Jawa tengah. Karena memang objek wisata ini adalah objek wisata andalan khususnya bagi Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan yang juga dikenal sebagai telaga pasir ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan Jawa Timur. Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektare dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat.


Kapal motor
Sampai saat ini keberadaan telaga sarangan masih mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Buat saya pribadi saya mengunjungi sarangan pertama kali pada tahun 2004. Saat itu suasananya masih sangat ramai. Banyak wisatawan menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan telaga ataupun menaiki kapal motor. Kunjungan saya yang terbaru dilakukan di akhir tahun 2014, artinya 10 tahun kemudian baru kembali lagi ke lokasi ini. Dan suasana yang saya lihat kurang lebih hampir sama dengan apa yang saya lihat 10 tahun lalu, mungkin bedanya hotel-hotel di sekitar objek wisata semakin banyak. Suasana di sekitar telaga belum banyak berubah, beberapa orang asyik menaiki kapal motor, ada yang menikmati makan di warung makan yang terletak di pinggir telaga atau beberapa orang yang asyik menikmati telaga dengan duduk-duduk santai di pinggir telaga.

Berkabut
Artinya memang objek wisata ini tidak lekang ditelan jaman. Walaupun sudah banyak objek wisata baru di sekitar jawa timur atau Jawa tengah, objek wisata sarangan masih punya pesona buat masyarakat. Memang kalau dilihat objek yang bisa dinikmati hanya berupa telaga alami yang tidak begitu luas. Namun untuk sekedar refreshing tempat ini bisa dijadikan referensi anda untuk menghabiskan waktu di hari libur.

Objek Legendaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar