Kamis, 18 Agustus 2016

Jalan-jalan ke Masjid Agung Demak


Yak kali ini, kita mau ajak kamu-kamu sekalian untuk berkunjung ke salah satu masjid legendaris yang ada di Indonesia. Masjid Agung Demak, yak masjid ini dapat dikatakan sebagai masjid tertua di Pulau Jawa yaitu sekitar abad ke-15 Masehi oleh Raden Patah yang juga pendiri Kerajaan Demak. Masjid ini terletak persis di samping alun-alun Kota Demak tepatnya di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak. Masjid ini menjadi ikon tersendiri buat Kota Demak dan terletak di jalur strategis yang menghubungkan antara Kota Semarang dan Kota-kota di Jawa Timur. Di dalam kompleks masjid agung demak juga terdapat makam raja-raja kesultanan demak beserta abdi-abdi dalemnya.

Arsitektur Khas
Arsitektur masjid Demak ini mempunyai nilai yang historis yang khas. Tidak heran banyak bangunan masjid agung di beberapa kota di Indonesia terinspirasi dari arsitektur bangunan masjid agung demak ini. Atap masjid ini berbentuk limas yang ditopang oleh delapan tiang yang disebut sebagai saka majapahit. Atap limas Masjid terdiri dari tiga bagian yang menggambarkan : Iman, Islam, dan Ihsan. Ciri khas yang lain dari masjid agung demak adalah tiang utama penyangga masjidnya. Di dalam pembangunannya, konon ada empat saka (tiang utama) masjid buatan para wali. Yaitu Sunan Bonang, Sunan Gunungjati, Sunan Ampel dan Sunan Kalijaga. Nama empat wali itu masih ditempelkan pada empat tiang penyangga utama. Tiang utama itu terlihat kokoh berbahan kayu jati. Konon Sunan Kalijaga membuat tiang itu menggunakan tatalan kayu (serpihan) yang kemudian diikat dan dirangkai hingga membentuk tiang besar panjang, sama dengan tiang-tiang wali lainnya.




Hingga kini masjid agung demak masih kokoh berdiri dan masih ramai dikunjungi oleh para masyarakat atau wisatawan. Saat ini juga telah dibangun museum masjid agung demak yang menceritakan secara detail tentang sejarah pembangunan masjid demak ini. Di bulan-bulan tertentu banyak masyarakat yang melakukan takziah di masjid agung demak ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar