Selasa, 21 Juni 2016

5 Objek Wisata Alternatif di Jogja saat Liburan Lebaran


Jogja memang menyimpan sejuta pesona yang membuat siapapun ingin berkunjung ke Kota itu. Tak terkecuali pada saat musim liburan lebaran, Jogja menjadi salah satu kota yang dituju oleh para warga untuk menghabiskan waktu liburan lebaran. Maka tak heran saat memasuki musim liburan lebaran Jogja menjadi sangat ramai dan macet. Begitu pun dengan objek-objek wisatanya akan penuh riuh oleh para wisatawan yang datang. Tentu saja objek-objek wisata tersebut adalah objek-objek wisata yang sudah populer dan dikenal oleh warga seperti Parangtritis, Gembira Loka, Malioboro, Prambanan, dll. Nah disini cucipikiran.blogspot.com akan memberikan beberapa lokasi objek wisata yang belum banyak dikunjungi oleh warga dari luar kota. Objek-objek wisata ini tidak kalah keren dengan objek-objek wisata yang memang sudah populer terlebih dahulu di mata masyarakat. Paling tidak anda akan mendapatkan sedikit kenyamanan dan keleluasaan dalam menikmati objek wisata tersebut daripada berkunjung ke objek-objek wisata utama yang memang sudah penuh sesak oleh warga.

1. Musium Dirgantara















Belum banyak orang yang tahu bahwa Musium Dirgantara di Yogyakarta ini mempunyai koleksi peralatan terbang paling lengkap se-Indonesia. Musium ini dapat menjadi alternatif bagi anda untuk menghabiskan waktu di Kota Jogja. Musium ini dikelola oleh TNI Angkatan Udara dengan menyajikan sejarah lengkap tentang dunia penerbangan di Indonesia. Letaknya tidak jauh dari Bandara Adisucipto Yogyakarta. Apabila anda dari arah Bandara atau Solo lurus saja ke arah Kota Jogja sampai menemui pertigaan Fly over Janti anda belok kiri, ambil jalur bawah. Tidak jauh setelah lintasan kereta ada pertigaan ke kiri ke arah musium dirgantara. Musium ini buka dari jam 8.30 - 15.00.

2. Pantai Goa Cemara















Pantai Goa Cemara bisa menjadi alternatif buat kamu yang males kena macet di jalan arah ke Parangtritis. Pantai ini mempunyai daya tarik berupa lahan luas yang ditumbuhi banyak pohon cemara, saking banyak dan lebatnya sehingga membentuk menyerupai sebuah gua, itulah sebabnya pantai ini dinamakan pantai goa cemara. Pantai ini memang kalah populer dibanding parangtritis atau pantai-pantai di Gunungkidul, namun pantai ini tak kalah indah apalagi sekarang sudah tertata dan makin cantik.Untuk menuju kesana cukup mudah, dari kota yogyakarta menuju ke kota bantul sampai di perempatan palbapang, ambil kanan. lampu merah kedua ambil kiri. lurus sampai nanti menemukan papan arah menuju ke pantai goa cemara.

3. Kawasan Kotagede
















Saat musim liburan, kawasan wisata kotagede ini jarang dilirik oleh wisatawan sebagai tempat liburan. Padahal Kotagede bisa dikatakan menjadi salah satu ikon wisata Kota Jogja. Kotagede yang sering dijuluki sebagai kota tua-nya Jogja ini memiliki banyak bangunan tua yang menjadi saksi sejarah Kerajaan Mataram Islam di jaman dahulu. Di Kotagede kamu bisa melihat langsung lebih 170 bangunan kuno berarsitektur unik yang dibangun dalam rentang waktu ratusan tahun. Ada beberapa spot menarik di kawasan ini yang bisa menjadi tujuan kamu wisata atau hanya sekedar untuk berfoto-foto ria.

4. Candi Sambisari














Candi Sambisari bisa menjadi pilihan kamu untuk berwisata ke candi dengan suasana yang hening. Candi Sambisari adalah candi Hindu yang terletak tidak jauh dari Bandara Adisucipto, hanya sekitar 3 Km letaknya dari bandara. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung ada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini cukup unik karena terletak 6 meter di bawah permukaan tanah. Suasana sekitar candi sangat sejuk dan sepi. cocok bagi yang mau menenangkan diri. Di samping candi sambisari di sekitar kawasan kalasan juga terdapat beberapa candi kecil yang bisa menjadi alternatif liburan kamu di Jogja seperti candi sari, candi plaosan, candi kalasan dll.

5. Kawasan Imogiri














Kawasan Imogiri awalnya terkenal karena terdapat makam raja-raja Kraton Yogyakarta. Namun seiring berjalannya waktu muncul objek-objek wisata baru yang mulai nge-hits. Di imogiri terdapat beberapa objek wisata yang dapat kita kunjungi. Selain makam-makam raja tadi juga terdapat makam para seniman Jogja. Di samping itu ada tempat yang mulai populer di kalangan wisatawan seperti kebun mangunan dan hutan pinus. Paling tidak tempat ini bisa memberikan anda sedikit kenyamanan dan keleluasaan untuk menikmati wisata Jogja pada saat musim liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar