Jumat, 12 Desember 2014

5 Alternatif Lokasi Outbound di Jogja

Outbound saat ini sudah menjadi bagian dari aktivitas wisata masyarakat. Sekitar lima tahun terakhir kegiatan outbound sudah banyak dilakukan di instansi, sekolah maupun perusahaan. Jogjakarta sebagai salah satu tujuan wisata kerap kali dijadikan lokasi favorit bagi perusahaan atau instansi untuk mengadakan kegiatan outbound. Saat ini sudah banyak tour dan travel agen melengkapi paket wisatanya dengan paket kegiatan outbound. Di Jogjakarta terdapat banyak pilihan lokasi untuk mengadakan outbound. Beberapa lokasi ini dapat menjadi alternatif anda untuk mengadakan outbound.

1. Pantai Sepanjang

















Pantai sepanjang bisa menjadi alternatif lokasi outbound apabila ingin mengadakan outbound di Pantai. Pantai ini terletak di Kabupaten Gunungkidul, terletak diantara Pantai Kukup dan Pantai Krakal. Lokasi pantai ini cukup luas dan representatif untuk kegiatan outbound. Lokasi pantai ini tidak terlalu ramai dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya, semisal baron atau sundak. Konsep outbound yang dapat dilakukan di pantai sangat variatif, apalagi ketersediaan sumber air memungkinkan dilakukan permainan-permainan dengan menggunakan air.

2. Bumi Perkemahan Girikaton

















Bumi perkemahan Girikaton bisa dibilang lokasi outbound yang terbilang baru. Selama ini apabila kita mencari lokasi outbound di sekitaran lereng merapi pasti yang terlintas di benak kita adalah kaliadem dan kalikuning. Namun karena bencana merapi mengakibatkan beberapa lokasi outbound di kaliadem kondisinya sudah tidak sebagus dulu. Lokasi ini bisa dibilang sangat luas karena bisa menampung sampai 2000 orang. Lokasi bumi perkemahan girikaton terletak di Jalan Kaliurang Km. 22, terletak tidak jauh dari kantor kepala desa Hargobinangun, Pakem.

3. Gunung Api Purba Nglanggeran
 


Sudah sejak lama Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi lokasi favorit untuk mengadakan kemah atau outbound. Lokasi ini berupa bekas gunung api yang telah mati sejak berjuta-juta tahun lalu.  Gunung api ini hanya tinggal menyisakan fosilnya saja. Fosil gunung ini punya kontur unik yang tersusun oleh material vulkanik. Mengadakan outbound di lokasi ini cukup banyak variasinya. Mulai dari treking menuju puncak gunung, mendaki tebing, dsb. Di lokasi tersebut juga telah dibangun area rerumputan yang cukup luas yang bisa digunakan untuk kemah.

4. Bumi Perkemahan Boro

Bumi perkemahan boro bisa menjadi lokasi alternatif outbound apabila ingin diadakan di wilayah Kulonprogo. Lokasi bumi perkemahan ini terletak di Kecamatan Kalibawang, terletak tidak jauh dari jalan raya menuju Muntilan. Lokasi ini memang sudah sejak lama dijadikan tempat untuk kegiatan kemah, makrab ataupun outbound. Lokasinya cukup lengkap untuk menunjang kegiatan outbound, selain dilengkapi kolam dengan arena ketangkasannya, lokasi ini juga sudah didirikan penginapan apabila ada peserta yang menginginkan menginap di lokasi ini.

5. Bumi Perkemahan Kaliurang


Bisa dibilang lokasi ini adalah lokasi yang paling legendaris diantara 4 lokasi sebelumnya. Bumi perkemahan kaliurang sudah lebih dulu terkenal sebagai lokasi favorit mengadakan kemah bagi siswa-siswa yang bersekolah di kawasan Jogjakarta dan sekitarnya. Lokasi bumi perkemahan ini terletak di kawasan wisata kaliurang. Walaupun saat ini sudah muncul beberapa lokasi outbound alternatif, lokasi ini masih menjadi primadona buat sebagai orang untuk mengadakan makrab, outbound atau sejenisnya, terbukti memang seringkali di hari libur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar