Jumat, 23 Januari 2015

Puncak Suroloyo : Melihat Borobudur dari Angkasa

Puncak Suroloyo sudah sejak lama diketahui adalah tempat wisata dimana kita bisa melihat candi borobudur dari ketinggian di atas 1000 meter. Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh. Terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa tengah, lokasi ini sangat cocok untuk melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari. Di atas puncak inilah kita bisa melihat pemandangan yang spektakuler. Apabila cuaca sedang cerah, kita bisa menyaksikan 4 gunung sekaligus di hadapan kita yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro.

Spektakuler
Borobudur nampak kecil
Untuk menuju ke lokasi ini rutenya bisa dibilang cukup mudah, hanya saja medan jalan untuk menuju ke lokasi puncak suroloyo sangatlah menantang. Ada dua jalur yang bisa diambil untuk menuju ke lokasi eksotis ini. Apabila anda dari Jogja dapat melalui Jalan Godean menuju ke arah Kulonprogo, sesampainya di perempatan Nanggulan arahkan kendaraan anda ke arah Kalibawang. Sesampainya di Kalibawang nanti ada petunjuk ke kiri anda tinggal mengarahkan saja kendaraan anda menuju ke Puncak Suroloyo. Apabila anda dari Magelang anda bisa melalui Pasar Muntilan dan mengambil jalan ke arah Kalibawang, begitu sampai di daerah Kalibawang arahkan kendaraan anda ke arah kanan menuju puncak suroloyo. Untuk mencapai titik lokasi Puncak Suroloyo anda harus melewati jalan yang sempit dan naik turun. Jalanan cukup curam sehingga dibutuhkan kehati-hatian buat para pengendara. Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi ini adalah dini hari. Ketika sunrise, anda akan dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat spektakuler.