Minggu, 22 Februari 2015

Gembira Loka yang semakin Cantik


Gembira Loka, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi warga Jogja dan sekitarnya. Gembira Loka dikenal sebagai kebun binatang yang juga merupakan ikon wisata dari Kota Jogja. Kebun binatang gembira loka mempunyai sejarah panjang. Ide awal pembangunan kebun binatang ini berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono pada tahun 1933 ingin mendirikan sebuah tempat hiburan bagi warga Jogja dan sekitarnya pada saat itu. Gembira Loka berasal dari dua kata yaitu Loka yang artinya tempat dan gembira. Dapat diartikan Gembira Loka adalah tempat untuk bergembira bagi para warga. Seiring waktu kebun binatang ini berkembang menjadi salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia.

Gerbang Legendaris
Beberapa tahun belakangan nampak ada yang berbeda dari kebun binatang yang satu ini.  Masih dengan gerbang masuk yang bersejarah itu, namun perubahan yang begitu mencolok terdapat di hampir seluruh kawasan di dalam kebun binatang ini. Sejak terjadinya gempa di Jogja pada tahun 2006, kebun binatang ini mengalami renovasi besar-besaran. Apa yang dilihat sekarang memang sangat jauh berbeda dengan apa yang dilihat pada sekitar 10 tahun lalu. Kebun binatang gembira loka sangat terawat, makin rapi, bersih, dan makin banyak satwa yang terdapat didalamnya. Perubahan yang paling mencolok adalah bangunan kapal yang terdapat di telaga yang semakin cantik. Di samping itu penataan kandang hewan disini sudah terbagi dalam berbagai wahana. Ada wahana reptil, wahana burung dan wahana permainan.

Telaga Bersejarah itu
Full Color
Wahana Taman Burung
Penataan kandangnya pun sangat cantik ditambah dengan desain-desain penunjuk jalan yang full color membuat wisatawan yang datang betah untuk berlama-lama di kebun binatang ini. Yang paling menarik tentu saja adanya burung pinguin yang didatangkan langsung dari luar negeri. Saat mengunjungi gembira loka seketika saya merasa bukan seperti di gembira loka seperti yang selama ini saya sering datangi. Sepertinya waktu 1 hari memang dirasa kurang untuk menikmati setiap jengkal dari gembira loka 'baru' ini. Buat anda yang pada masa kecil sering mengunjungi gembira loka alangkah serunya ketika anda mengunjungi tempat ini lagi tetapi dengan wajah yang sudah berbeda.

1 komentar: