Selasa, 19 Februari 2013

Sensasi Gunung Nglanggeran



Anda ingin merasakan sensasi naik gunung? Tidak usah jauh-jauh anda mendaki semeru ataupun gunung api lainnya. Di Yogyakarta tepatnya di Gunungkidul ada sebuah lokasi yang menjadi tujuan wisata alam yang menantang. Lokasi ini dinamakan dengan Gunung Nglanggeran. Ya, anda tidak salah menyebutkan lokasi ini dengan nama gunung karena memang lokasi ini pada jaman dahulu kala adalah sebuah gunung berapi yang aktif. Namun sekarang gunung berapi itu telah mati dan hanya tinggal menyisakan fosilnya saja. Fosil gunung ini punya kontur unik yang tersusun oleh material vulkanik.


Untuk mencapai lokasi ini tidaklah sulit. Anda bisa melalui Jalan Wonosari, tidak jauh setelah anda melewati gapura selamat datang di Gunung kidul ada belokan ke kiri yang mengarahkan anda menuju Gunung Nglanggeran. Perjalanan dari jalan wonosari tidaklah jauh hanya sekitar 7 Km. Setelah anda melewati kawasan menara pemancar stasiun TV dari kejauhan akan terlihat sebuah bongkahan batu raksasa yang menyambut kita. Itulah Gunung Nglanggeran. Gunung Nglanggeran ini berlokasi tepatnya di kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl,  di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk dengan jarak tempuh 22 km dari kota Wonosari . Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan gunung Nglanggeran adalah gunung berapi purba.


Ketika sampai di lokasi kita disambut sebuah bangunan joglo di pintu masuk. Terlebih dahulu kita membayar retribusi seharga Rp. 3000,- sebelum mendaki. Di titik awal pendakian telah terpampang peta jalur pendakian gunung. Saat ini jalur pendakian telah ditata cukup apik dan di setiap persimpangan terdapat papan penujuk jalan kemana anda harus berjalan untuk melanjutkan pendakian, sehingga dapat membantu pengunjung terutama bagi yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini. Ada berbagai rintangan yang harus dilewati pengunjung. ada rintangan yang mengharuskan anda untuk merangkak melewati celah batu, ataupun memanjat dengan derajat kemiringan yang besar. Sepanjang pendakian kita akan disuguhi pemadangan unik dan indah disekelilingnya berupa sawah nan hijau. Kurang lebih sekitar 2 jam pendakian kita akan sampai di puncak nglanggeran yang dinamakan dengan gunung gede. Pemandangan dari atas puncak gunung benar-benar spektakuler. Sejauh mata memandang berupa hamparan hijau yang menyerupai lukisan.


Lokasi ini memang cocok untuk para pencinta panjat tebing, tracking, jelajah wisata dan bekemah. Banyak wisatawan lokal, dan ada juga sesekali wisatawan asing mengunjungi gunung Nglanggeran untuk menikmati keindahan pemandangan, mencoba menaklukkan batu-batu besar untuk didaki, dan banyak juga yang hanya sekedar melepas kepenatan seusai ujian dan kebisingan kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar