Senin, 25 Februari 2013

Satu Hari di Kebun Raya Bogor


Kota Bogor dapat menjadi salah satu alternatif wisata liburan anda di akhir pekan. Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta membuat kota ini mudah dijangkau dari Jakarta. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika di Kota Bogor. Tempat wisata paling utama tentu saja Kebun raya


Untuk menuju Kota Bogor, banyak akses yang bisa dipilih. Anda bisa naik Bis Kota ataupun naik kereta KRL. Untuk akses yang paling cepat anda bisa menggunakan KRL. Anda bisa naik dari stasiun terdekat dengan tempat anda tinggal. Carilah waktu keberangkatan sekitar pukul 8 pagi dengan estimasi perjalanan menuju kota Bogor sekitar 1 jam. Usahakan sarapanlah terlebih dahulu sebelum anda berangkat. Anda tak akan menunggu terlalu lama untuk menunggu KRL datang di stasiun tempat anda naik. Jadwal keberangkatan KRL biasanya hanya terpaut jarak sekitar 15 menit. KRL akan berhenti di stasiun perhentian terakhir yaitu Stasiun Bogor. 



Untuk memasuki kawasan kebun raya ini pihak pengelola Kebun Raya Bogor mengenakan biaya tanda masuk sebesar Rp. 10.000,- per orang. Banyak hal yang bisa ditemui dan dilakukan di kebun raya bogor ini. Selain beraneka ragam tumbuhan, di lokasi ini juga terdapat Istana Presiden yang dikenal dengan nama Istana Bogor. Istana Bogor, dahulu digunakan sebagai tempat tinggal Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles pada awal 1880-an. Beliau memiliki ketertarikan dalam hal botani. Oleh sebab itu, beliau berkeinginan mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik dan hingga sekarang berkembang menjadi Kebun Raya Bogor. 


Ada beberapa daya tarik di kebun raya ini. Salah satu daya tarik utamanya  yaitu adanya bunga raksasa atau bunga bangkai yang terjaga kelestariannya. Banyak orang yang datang ke Kebun Raya Bogor memiliki tujuan ingin melihat bunga yang memiliki aroma khas ini. Meskipun bunga ini tidak mekar setiap hari, nama dan keunikannya mempunyai daya tarik tersendiri. Di samping itu juga disini terdapat jembatan gantung berwarna merah dimana orang sering menamakannya dengan jembatan cinta. Banyak sekali pengunjung yang memanfaatkan lokasi jembatan ini untuk foto-foto. Banyak mitos berkembang tentang keberadaan jembatan ini, Konon katanya jika sepasang kekasih melintasi Jembatan cinta maka hubungan mereka akan putus, tetapi jika yang melintas sepasang sahabat, teman dekat dan jika akhirnya mereka pacaran maka akan langgeng dan sampai kejenjang pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar