Rabu, 29 Januari 2014

'Kolam Renang' Raksasa di Pantai Ngrenehan



Bayangan anda sebuah pantai yang indah, bersih dengan ombak yang tenang akan terjawab ketika mengunjungi pantai cantik ini. Kita akan ajak kamu ke pantai ngrenehan. Sebuah pantai pasir putih bersih berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau. Saya rasa mungkin inilah pantai terindah yang berada di Kota Yogyakarta. Pantai ini memenuhi segala kriteria untuk disebut menjadi terbaik. Air laut yang bening berwarna biru, pemandangan bukit kapur yang memukau, ditambah dengan ombak yang landai membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai ini. Ombak di Pantai Ngrengehan ini tidak terlalu besar. Oleh karena itu cukup aman untuk berenang. Kita bakal merasa berenang di kolam renang raksasa ketika di pantai ini, karena pada saat-saat tertentu benar-benar tidak ada ombak disana.

Menawan
'Kolam renang' raksasa
Hampir sama dengan pantai-pantai di gunungkidul lainnya, penamaan nama pantai selalu dikaitkan dengan sejarah masa lalu yang terjadi di pantai tersebut. Menurut sejarah, nama Ngrenehan merupakan pemberian Raja Demak yang bernama Raden Fatah, putra dari Prabu Brawijaya V. Prabu Brawijaya V sendiri adalah raja Majapahit yang memerintah tahun 1464-1478 M. Suatu ketika Raden Fatah datang ke kawasan ini untuk mencari ayahnya yang melarikan diri bersama dua orang istrinya (Dewi Lowati dan Bondang Surati) karena enggan untuk memeluk agama Islam. Tapi, saat tiba di kawasan ini, Raden Fatah nggak menemukan mereka. Akhirnya, ia mengajak para petinggi-petinggi Kerajaan Demak untuk berembuk (musyawarah) tentang bagaimana cara menemukan orang tuanya. Dari peristiwa inilah muncul istilah pangrena yang berarti ajakan. Kata pangrena berasal dari kata reneh yang berarti sini. Kemudian masyarakat di sekitar kawasan ini mengubahnya menjadi ngrenehan yang berarti kemarilah ke sini. Kata reneh yang diberi awalan ng dan akhiran an berarti menunjuk pada suatu tempat, yaitu Pantai Ngrenehan.

Eksotis
Di samping pemandangannya yang aduhai. Di sini terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang cukup ramai. Jika kita datang pagi, kita dapat belanja aneka ikan segar yang baru dibawa oleh nelayan di sini. Di sekitar pantai banyak terdapat rumah makan dengan menu ikan segar. Kita dapat memilih ikan yang kita inginkan di sini. Harganya tak terlalu mahal karena langsung dibeli dari nelayan. Ikan goreng dan sambalnya sangat layak untuk dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar