Jumat, 17 Mei 2013

Pagaralam, Kota diatas Awan


Bayangan anda sebuah lokasi wisata yang indah seperti pemandangan dalam lukisan terjawab sudah. Pagaralam bisa dimasukkan dalam kategori tersebut.  Kota Pagaralam adalah salah satu kota di Sumatera Selatan, sebelumnya Kota Pagaralam termasuk Kota Administratif dalam lingkungan Kabupaten Lahat. Kota ini berjarak sekitar 298 km dari Palembang dan juga berjarak sekitar 60 km di sebelah barat daya Kabupaten Lahat. Kota ini terletak di kaki Gunung Dempo sehingga kota ini cukup sejuk dan sangat kaya dengan obyek wisata. Selain itu di kota Pagar Alam juga terdapat banyak air terjun, maka tak salah juga Pagaralam disebut juga dengan kota dengan seribu air terjun.

Di atas awan
Jalan yang Bersih dan Teratur

Ada berbagai cara untuk menuju lokasi indah ini. Bagi anda yang tinggal di Jakarta ada beberapa pilihan moda transportasi untuk menuju Kota Pagaralam. Dari Jakarta ada beberapa Bus dengan jurusan Kota Pagaralam seperti Sinar Dempo atau Lantra Jaya, untuk kelas eksekutif harganya sekitar Rp. 150.000, untuk kelas bisnis harganya sekitar Rp. 110.000. Perjalanan dengan menggunakan Bus memang akan memakan waktu yang cukup lama yakni sekitar 15 jam. Atau anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta menuju Palembang terlebih dahulu, dari Palembang cukup banyak travel atau bus dengan jurusan Pagaralam. Untuk transportasi sesampainya di Pagaralam anda bisa mencarter tukang ojek untuk dapat mengantarkan ke objek-objek wisata di Pagaralam, tarifnya sekitar Rp. 50.000 - Rp. 70.000 / hari tergantung anda menawarnya. Penginapan di Kota Pagaralam cukup banyak dari mulai Hotel sampai Villa dengan harga bervariasi.

Kereeen
Bunga di Tepi Jalan
Kota Pagaralam menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Objek utamanya tentu saja Gunung Dempo dengan perkebunan teh yang maha luas. Di sepanjang jalan perkebunan teh banyak sekali ditumbuhi bunga-bunga cantik, karena itu Pagaralam juga kerap disebut dengan Kota Bunga. Dari ketinggian tertentu kita bisa menyaksikan pemandangan Kota Pagaralam dari ketinggian tanpa terhalang apapun, benar-benar seperti di atas awan. Selain perkebunan teh dan gunung dempo, Kota ini juga terdapat banyak sekali air terjun atau curug. Curug yang lokasinya dekat dengan perkebunan teh adalah curug mangkok dan curug embun. Curug Embun menurut warga sekitar pemandangannya lebih cantik daripada curug-curug lainnya di Pagaralam. Curug ini merupakan curug tertinggi dan terdapat 3 curug yang berjejer satu sama lain, sehingga menimbulkan deburan embun yang cukup banyak, oleh karena itulah curug ini dinamakan curug embun.

Curug Embun
Sebenarnya tidak cukup waktu satu hari untuk berkeliling ke seluruh objek wisata Pagaralam, anda perlu paling tidak waktu 3 hari plus waktu 2 hari ditambah untuk perjalanan dari atau menuju ke tempat asal anda. Yang pasti, Pagaralam bisa menjadi pilihan untuk melepaskan kepenatan anda dalam bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar