Rabu, 25 Januari 2017

Yuk mengenal lebih jauh tentang Kabupaten Lahat




Pusat Kota Lahat
 Lahat merupakan salah satu Kabupaten yang terdapat di Sumatera Selatan. Jarak dari Ibukota Provinsi Palembang sekitar 220 kilometer atau 6 jam perjalanan menggunakan kendaraan darat. Kabupaten Lahat dulu mempunyai wilayah yang sangat luas sebelum adanya pemekaran Kabupaten Pagaralam dan Kabupaten Empat Lawang. Kabupaten Lahat sebenarnya hanya terdiri 7 kecamatan induk yaitu Lahat, Kikim, Kota Agung, Jarai, Tanjung Sakti, Pulau Pinang, dan Merapi. Namun pasca pemekaran, jumlah Kecamatan di Kabupaten Lahat bertambah menjadi 22 kecamatan.

SMK 1 Lahat

Saat saya mengunjungi Kabupaten Lahat terlihat bentuk kota ini hampir sama dengan sebagian besar Kabupaten-kabupaten lainnya di Pulau Jawa. Pusat keramaian dan kehidupan masyarakat ada di pusat kota, dimana terdapat pertokoan, pasar, alun-alun dan gedung perkantoran. Begitu kita menepi sedikit dari pusat kota yang ada hanyalah sawah dan pegunungan dengan beberapa rumah penduduk yang terlihat jarang. Namun karena kota kecil, suasana sangat kontras antara pusat kota dengan pinggiran kota yang hanya berjarak beberapa kilometer saja dari pusat kota. Di pusat kota lalu lalang kendaraan cukup banyak. Banyak orang beraktivitas di kota, ada yang sedang belanja, bekerja, sekolah, dll. Namun begitu kita menepi ke pinggiran kota suasana sangat sepi bahkan jarang terdapat kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan. Yang mencolok di Kota Lahat saat pagi hari banyak bermunculan warung kopi. Ternyata minum kopi juga telah membudaya bagi sebagian besar masyarakat Lahat. Paduan minum kopi adalah gorengan dan martabak. Agak aneh juga sarapan ala Kota Lahat dengan kopi dan martabak.

Gorengaaan
Bukit Selero
 Secara umum Kota Lahat adalah kota yang sejuk dengan panorama alam yang indah. Karena di kelilingi pegunungan membuat kota ini terlihat cantik. Ada satu bukit yang menarik perhatian saya saat di Lahat yakni bukit selero atau bukit jempol. Dikatakan bukit jempol karena dari jauh bukit ini terlihat seperti bentuk tangan yang mengepal dengan jempol yang teracung ke atas. Bukit ini menjadi icon wisata di Kota Lahat. Di samping itu juga terdapat Gunung Dempo yang secara administratif masuk di Kabupaten Pagaralam namun pemandangan gunung dapat terlihat jelas di Pusat Kota Lahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar