Rabu, 29 Januari 2014

Mencari Inspirasi di Pantai Nguyahan



Membahas mengenai pantai-pantai di Gunungkidul selalu tidak ada habisnya. Di anugerahi garis pantai yang sangat panjang, tak heran di Gunungkidul terdapat jejeran pantai dengan panorama menawan. Bahkan selalu ada informasi terbaru mengenai pantai-pantai baru yang selama ini mungkin belum terjamah oleh manusia. Kali ini saya akan membagi cerita mengenai satu pantai yang saya yakin belum banyak orang yang mengetahuinya. Pantai yang akan kita bahas bernama Pantai Nguyahan. Bisa dibilang pantai ini masih perawan. Karena memang belum banyak orang yang menjamah ini pantai. Istimewanya dari pantai ini yaitu pantai ini nyempil diantara dua bukit. 
 
Gerbang Masuk Pantai
Pantai ini letaknya memang agak tersembunyi. Pantai ini masih satu kompleks dengan pantai ngrenehan dan pantai ngobaran. Terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari atau 55  km dari pusat kota jogja. Untuk sampai ke pantai ini, kita harus berjalan kaki terlebih dahulu dari Pantai Ngobaran. Nama Nguyahan diambil dari kata uyah. Uyah artinya garam. Dulu, pantai ini digunakan sebagai ladang garam. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah hamparan pasir putih yang bersih. Itulah bedanya dengan pantai lain yang udah banyak dijaman manusia. Asyiknya lagi, pantai ini diapit oleh dua bukit batu. Hal ini membuat Pantai Nguyahan nggak banyak dikunjungi wisatawan. Karena letaknya yang tersembunyi membuat pantai ini benar-benar sunyi ketika tidak banyak dikunjungi wisatawan. sehingga cocok buat anda yang ingin menyepi dan mencari inspirasi.

 
Mencari Alga
Waoooww
 Bagi Anda yang ingin mencoba berwisata ke pantai yang tidak terlalu ramai, cobalah mampir ke pantai Nguyahan ini. Fasilitas seperti toilet dan warung makan sudah ada. Aksesnya dari kota Jogja cukup mudah, Anda tinggal menuju arah Gunungkidul. Setelah sampai di daerah Playen, belokkan kendaraan menuju arah Paliyan, kemudian Anda akan sampai di pertigaan jalan besar dengan petunjuk arah di dekatnya. Ambil arah menuju pantai Baron, pelan-pelan ketika mendekati pasar tradisional. Karena pas setelah pasar ada persimpangan, Anda perhatikan arah jalan, ada yang menuju arah Ngrenehan (dari pasar ambil jalan lurus) ikuti jalan arah Ngrenehan itu. Selanjutnya petunjuk arah sedikit jumlahnya, Anda harus melihat dengan pasti petunjuk arah menuju pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Nguyahan. Selamat berwisata

1 komentar:

  1. keren om pantainya

    http://cafevixion.blogspot.com/2015/03/pesona-air-terjun-kedung-kandang.html

    BalasHapus