Sabtu, 25 Juli 2015

Mendaki Gunung Andong Magelang



Banyak cara dilakukan orang untuk menghilangkan kepenatan dalam rutinitas pekerjaan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendaki gunung. Mendaki gunung termasuk dalam wisata ekstrim yang akhir-akhir ini banyak digandrungi anak muda. Banyak tujuan dilakukan orang dalam mendaki gunung, ada yang sekedar untuk berwisata, tetapi ada juga yang mempunyai misi khusus. Salah satu gunung yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan di media sosial adalah Gunung andong. Gunung ini memang belum seterkenal Semeru, Rinjani, ataupun Merapi, namun keindahannya tidak kalah cantik dengan gunung-gunung tersebut. Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang, sebuah gunung kecil berketinggian 1700 dpal. Gunung ini terlihat mungil daripada gunung-gunung di sekitarnya seperti merapi, merbabu, sindoro atau sumbing. Namun kecilnya gunung ini tidak mengurangi minat buat para traveler untuk mendakinya.

Pos Pendakian
Untuk mencapai pos pendakian gunung andong cukup mudah. Untuk menuju pos pendakian, dari Jogjakarta bisa ditempuh perjalanan kurang lebih 1 setengah jam. Dari Semarang dapat ditempuh perjalanan kurang lebih 2 setengah jam. Dari Jogjakarta arahkan saja kendaraan anda menuju ke arah wisata Kopeng. Sebelum memasuki wisata Kopeng anda akan menemui gapura biru di kiri jalan di dekat Pasar Ngablak. Dari situ ikuti saja jalan tersebut, sudah ada papan penunjuk jalan untuk menuju pos pendakian Gunung Andong. Dari kejauhan pun Gunung Andong sudah 'menyambut' para tamu yang bersiap untuk mendakinya. Untuk dapat menikmati sunrise sebaiknya anda berkemah saja di gunung andong untuk mendapatkan momen spesial ini. Perjalanan dari pos awal menuju ke puncak andong kurang lebih memakan waktu 2 jam. Tips, anda sebaiknya mulai mendaki sebelum jam 4 sore, sehingga ketika sampai di puncak hari belum terlalu gelap. Karena apabila anda mendaki di malam hari akan sangat beresiko apalagi buat anda yang belum pernah mendaki gunung.

Hutan Pinus nan Cantik
Banyak sosial media atau blog mengatakan bahwa Gunung ini adalah gunung yang ramah buat pendaki pemula, namun tetap saja namanya gunung anda perlu mempersiapkan fisik dan mental anda. Gunung ini memang tidak seekstrim Merapi ataupun Semeru, namun anda juga harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari pemanasan sampai perlengkapan yang harus anda bawa menuju puncak. Bawalah tenda sesuai dengan kapasitas rombongan anda. di samping itu bawalah jaket yang tebal, karena kita gak pernah tau kondisi angin di puncak gunung. Bawalah perlengkapan memasak dan makanan secukupnya, jangan membawa barang-barang yang tidak perlu, hal itu akan membuat ransel anda semakin berat dan dapat menyulitkan anda ketika mendaki. Trek untuk menuju puncak memang tidak terlalu sulit karena anda tinggal mengikuti saja jalan setapak yang sudah dikelola sedemikian rupa. Sepanjang perjalanan menuju puncak pemandangan sangat indah, anda akan disambut hutan pinus yang menyejukkan. Setelah hutan pinus barulah treking akan sedikit ekstrim karena anda akan berjalan menyusuri tebing yang disisinya terdapat jurang. Waspadalah dan istirahatlah ketika sudah lelah, namun jangan terlalu lama beristirahat karena dapat menurunkan kondisi anda sehingga anda akan kesulitan untuk menyesuaikan diri kembali.

Merbabu dan Merapi
Sunrise Cantik
Gunung Andong memiliki 3 puncak, puncak tertinggi andong berada di tengah. kalau diperhatikan dari jauh puncak gunung andong seperti punuk unta, tidak heran banyak orang yang mengatakan gunung ini sebagai gunung punuk unta. Sesampainya di puncak akan terbayar pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Dari puncak gunung andong anda akan bisa melihat 5 puncak gunung yaitu merbabu, merapi, sumbing, sindoro dan lawu. Sesampainya di puncak segeralah anda mencari tempat yang agak datar dan mendirikan tenda. Segeralah untuk memasak air dan menyantap bekal yang anda bawa. Saat malam tiba memang tidak banyak hal yang bisa dilakukan selain di dalam tenda. Mengingat betapa dinginnya suhu di puncak dan hembusan angin yang cukup kencang bisa membuat anda kedinginan. Buatlah api di depan tenda anda untuk menghangatkan badan anda. Untuk menikmati sunrise paling tidak anda mulai menyiapkan diri sekitar pukul 4 pagi, kemungkinan ada beberapa pendaki yang baru mendaki di saat dini hari sehingga membuat puncak andong akan penuh sesak. Apabila cuaca sedang cerah anda akan menjumpai pemandangan sunrise yang sangat indah, pemandangan sunrise ini tidak kalah dengan sunrise di Gunung Bromo atau Gunung Prau. Hal ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa buat anda, apalagi buat anda yang belum pernah mendaki gunung. So, buat kamu yang pecinta traveler tidak ada salahnya untuk mendaki Gunung Andong ini dan rasakan sensasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar