Rabu, 29 Juli 2015

Goa Gong yang Menakjubkan


Tidak salah memang Indonesia sebenarnya mempunyai potensi keindahan alam yang luar biasa. Banyak tempat wisata di Indonesia yang mempunyai keindahan alam yang cantik namun tidak terlalu terekspos oleh media. Salah satu Kabupaten yang menyimpan keindahan tersebut adalah Kabupaten Pacitan. Pacitan memang akhir-akhir ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat akan wisata alamnya yang sangat indah. Selain keindahan pantainya, Pacitan juga mempunyai wisata goa yang cantik, tidak heran makanya Pacitan juga dijuluki sebagai Kota 1001 Goa. Goa Gong menjadi goa yang paling populer di Pacitan. Bisa dikatakan lokasi wisata ini menjadi salah satu ikon pariwisata di Pacitan. Pesona keindahan Goa Gong memang sudah dikenal sejak lama, bahkan Goa ini disebut-sebut sebagai Goa yang paling indah se-Asia Tenggara.

Pintu Masuk
 Goa Gong terletak sekitar 37 Km di sebelah barat pusat Kota Pacitan. Secara administratif Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Untuk menjangkau lokasi Goa ini sangatlah mudah. Dari jalan raya Solo-Pacitan, lokasi Goa ini hanya berjarak kurang lebih 7 Km. Jalanannya pun sudah mulus dan terawat dengan baik. Dari parkiran kendaraan anda hanya tinggal berjalan kaki sejauh 300 meter menuju lokasi Goa. Pintu masuk goa ini juga cukup unik karena berbentuk persegi dan berukuran agak kecil. Goa ini dinamai Goa Gong karena masyarakat sekitar seringkali mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara gong yang berasal dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam kesenian gamelan Jawa. Suara seperti gong dari dalam goa ini adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut.

Cantik
Pemandangan di dalam Goa sangatlah indah. Goa ini memang sudah dikelola sedemikian rupa sehingga memudahkan bagi para pengunjung yang akan menikmati keindahan goa. Saat memasuki goa anda tinggal menyusuri jalan setapak dan tangga yang sudah dibangun oleh pengelola. Keindahan goa dipercantik dengan kilau lampu yang berubah-ubah warnanya. Di luar kawasan Goa banyak masyarakat yang menjajakan oleh-oleh khas Pacitan, anda bisa membelinya sesuai dengan selera anda.

1 komentar:

  1. Saya juga takjub. Baru sekali ini melihat gua dilengkapi jalan bagus, penerangan, bahkan kipas angin. Kesan alaminya jadi berkurang. Tapi ya... Goa Gong sajalah yang diperlakukan sperti ini. Yang lain biar tetap alami.

    BalasHapus