Minggu, 26 Mei 2013

Seharian di Jembatan Ampera


Palembang merupakan Ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan dan merupakan salah satu kota terbesar di Pulau Sumatera. Kota Palembang terkenal atas Jembatan Amperanya. Jembatan ini menjadi landmark dari kota palembang, menghubungkan dua tempat yang terpisah oleh sungai musi yaitu seberang ulu dan seberang ilir. Jembatan ini dibangun pertama kali  pada tahun 1962. Lokasinya sangat strategis dan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Kota Palembang. Menyusuri area sekitar Jembatan Ampera tentunya tak sebatas pada jembatannya saja, namun di sekitar jembatan ampera ternyata banyak terdapat objek wisata yang tak kalah menarik yang dapat kita telusuri dalam waktu seharian saja.

Megah
Tempat yang paling pas untuk menikmati kemegahan jembatan ini yakni dari pelataran benteng kuto besak. Benteng Kuto Besak atau biasa orang palembang menyingkatnya dengan nama BKB adalah sebuah bekas bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. BKB mulai dibangun pada tahun 1780 dengan arsitek yang tidak diketahui dengan pasti dan pelaksanaan pengawasan pekerjaan dipercayakan pada seorang Tionghoa. Saat ini BKB digunakan sebagai kantor komando daerah militer. Dari pelataran benteng kuto besak pemandangan akan terlihat indah, dengan view keseluruhan dari sisi barat jembatan, terlihat jelas lalu lalang kendaraan di atas jembatan, terkadang terdapat perahu yang melintas di sungai musi yang menambah keindahan pemandangan.

Benteng Kuto Besak
Berjalan di atas Jembatan Ampera, pemandangan tak kalah spektakuler. Kita bisa menyaksikan sungai musi yang begitu luas dan BKB dari kejauhan. Sungai Musi ini menjadi salah satu sungai terbesar di Indonesia. Jembatan Ampera ini membentang sepanjang 1,17 km dengan lebar 22 m. Pada jaman dahulu pada bagian tengah jembatan dapat terangkat ketika di lalui kapal bermuatan besar. Namun karena usia jembatan yang sudah tua dan rawan akan ambruk bagian tengah badan jembatan tidak difungsikan lagi. Jembatan Ampera makin cantik saat malam menjelang. Jembatan semakin terlihat indah menggunakan hiasan warna warni lampu ketika malam menjelang. Suasana malam di Jembatan Ampera ini sering diabadikan oleh para fotografer-fotografer.

Sungainya Kayak Laut
Untuk menuju ke kawasan jembatan ampera ini sebenarnya cukup mudah. Kalau anda dari Jakarta ada 2 pilihan moda transportasi untuk menuju Palembang yaitu dengan Bus jurusan Palembang atau dengan menggunakan pesawat. Apabila anda menggunakan pesawat anda bisa menggunakan Bus transmusi untuk sampai ke ampera. Untuk pilihan tempat menginap anda bisa mencari di kawasan Palembang Square. Dari Palembang Square cukup banyak angkot ataupun Bus transmusi yang menuju Jembatan Ampera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar